Rabu, 28 Desember 2011

“ PENGUKUR SUHU TUBUH MANUSIA BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA8535 “


Perkembangan teknologi yang demikian pesatnya, terutama dibidang elektronika menyebabkan rangkaian-rangkaian aplikasi elektronika menggantikan peran manusia sebagai ketelitian dan keakuratan dalam suatu pekerjaan. Salah satunya adalah mulai tergantinya peranan dalam pengemasanan untuk didapat ketelitian yang akurat beberapa bahan khususnya yang diangkat pada pembuatan alat dalam tugas proyek ini yaitu berupa suhu.


Saat ini semua peralatan yang menunjukan indikator terhadap suatu besaran fisik diproduksi dan ditujukan untuk manusia normal. Ini berarti semua perangkat tersebut hanya dapat digunakan pada kondisi fisik normal. Bagaimana dengan manusia yang memiliki kondisi tubuh tidak normal, misalnya buta, cacat. Berdasar hal tersebut terpikirkan membuat suatu termometer badan dengan output suara.

Tujuan dari perancangan termometer ini adalah agar orang yang cacat dalam penglihatan dapat menggunakan termometer ini. Dengan fasilitas output berupa suara, maka orang buta dapat menggunakan termometer ini.

1.2. Batasan masalah
Untuk membatasi penulisan dan penyusunan laporan, maka perlu dibuat batasan penulisan. Adapun pembatasan masalah dalam penulisan dan penyusunan laporan ini adalah sebagai berikut :
1. Termometer dengan output suara diharapkan dapat memudahkan manusia dan orang cacat khususnya orang buta untuk mendeteksi suhu tubuhnya.
2. Perancangan dan pembuatan alat termometer ber-output suara yang mempunyai range 33°C sampai dengan 43°C dan resolusi 0,01°C.
3. Prinsip kerja dari mikrokontroler ATMega8535 sebagi pengontrol keseluruhan dari operasi alat yang digunakan.

1.3. Maksud dan tujuan
- Untuk melengkapi tugas dalam mata kuliah Praktik Berbasis Mikrokontroller.
- Membuat alat pengukur suhu tubuh manusia berbasis mikrokontroller ATMEGA8535 yang ditampilkan melalui LCD dan menghasilkan suara melalui Buzzer.
- Memahami bahasa pemrograman C untuk Mikrokontroller ATMEGA 8535.
- Mampu mengaplikasikan prinsip kerja rangkaian zero and span.
- Untuk memanfaatkan mikrikontroller sebagai pemrosesan data pengontrolan system kerja dari rangkaian-rangkaian yang digunakan
- Untuk memberikan suatu inovasi baru untuk di industri dari pemanfaatan elektronika dalam kehidupan sehari-hari.
1.4. Metode pengumpulan data

Data-data yang digunakan dalam penulisan laporan ini diperoleh melalui beberapa metode. Adapun metode yang digunakan penulis dalam pengumpulan data adalah sebagai berikut:
a. Studi kepustakaan
Penulis mengumpulkan data dan teori yang dibutuhkan dalam penulisan laporan melalui buku-buku dan referensi lainnya yang berkaitan dengan laporan ini
b. Lembar data (Datasheet) komponen yang dipakai pada alat
Lembar data (datasheet) merupakan data-data yang dikeluarkan oleh produsen komponen elektroika mengenai fungsi, karakteristik, dan data-data pentinglainnya tentang komponen hasil produksi dari produsen komponen elektronika yang bersangkutan
c. Pengujian Alat
Data diperoleh setelah alat yang dibuat diuji dan diambil kesimpulan kemudian dilakukan pengujian tersebut
d. Berkonsultasi dengan Dosen pembimbing
Penulis melakukan konsultasi dengan berdiskusi dan secara langsung pada Dosen pembimbing penulis mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan penulisan laporan ini.

MAU DATA LENGKAP ::
fb/email: ekosaputro21@yahoo.co.id


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar