Friday, 7 September 2012

Rancang Bangun Sistem Monitoring Tanah Pertanian Presisi Berbasis Jaringan Nirkabel Zigbee


Design Build Soil Monitoring Systems Precision Farming Zigbee Based Wireless Networks

Pengelolahan tanah pertanian secara intensif merupakan hal yang diperlukan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian serta mencegah terjadinya kerusakan lingkungan akibat proses budidaya pertanian. Seiring dengan kemajuan teknologi maka diperlukan alat untuk memonitoring tanah secara jarak jauh. Sistem monitoring tanah pertanian ini dirancang untuk mengetahui kondisi temperature, kelembaban , serta tingkat keasaman suatu tanah pada sector pertanian. Sistem ini menggunakan tiga buah sensor yang tersedia dipasaran yang kemudian di konversi oleh mikrokontroller sehingga data-data analog keluaran sensor diubah menjadi data-data digital lalu dikirim ke Personal Computer(PC) menggunakan jaringan nirkabel (wireless). Perancangan alat ini menggunakan sensor-sensor yang terdiri dari LM35 sebagai sensor suhu, CHR03-233 sebagai sensor kelembaban, dan PE-03 lutron sebagai elektroda sensor pH. Pengolahan sensor-sensor tersebut menggunakan mikrokontroller ATMega16 yang di dalamnya sudah terdapat Analog Digital Conversion (ADC) sehingga dapat merubah masukan Analog menjadi Digital. Pengiriman data secara nirkabel dilakukan oleh modul ZigBee yang bekerja pada frekuensi 2,4GHz. Mengirimkan data dari mikrokontroller ke PC yang kemudian dibaca menggunakan Software LabView berbentuk angka maupun Grafik. Pengujian memperlihatkan system monitoring sensor suhu ini mampu mengirim data pembacaan sensor dengan jangkauan komunikasi mencapai ± 35 m pada transmitter berada dalam ruangan, sedangkan jika berada lurus tanpa halangan (Line of Sight) berjarak ± 75 m.

Kata Kunci: sensor, Mikrokontroller, Zigbee, LabView

download JURNAL TUGAS AKHIR

3 comments:

  1. mau tanya, apa bener sensor ph 03 lutron bisa digunakan untuk mengukur ph tanah? setahu saya soalnya sensor tersebut hanya untuk benda cair saja, mohon pencerahannya. terimakasih

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Ijin tanya, bagaimana cara menggunakan sensor ph 03 lutron untuk mengukur ph tanah? Mohon penjelasannya, terimakasih.

    ReplyDelete